5 Tips Simpel Untuk Pola Makan Sehat Setiap Hari

5 Tips Simpel Untuk Pola Makan Sehat Setiap Hari

5 Tips Simpel Untuk Pola Makan Sehat Setiap Hari – Idealnya, kita harus menjaga pola makan sehat setiap hari. Tapi, apa kamu sudah melakukannya? Gaya hidup modern terutama di daerah perkotaan membuat kita sering lalai soal makanan. Padahal, sebetulnya menjaga pola makan sehat tidak sulit.

Berikut adalah 5 tips simpel untuk kamu yang ingin makan lebih sehat. Selamat membaca!

Jangan Lupa Sarapan!

Mungkin kita sering tidak sarapan. Entah karena terburu-buru, atau karena ingin menurunkan berat badan. Padahal, sarapan justru makanan paling penting untuk menjaga pola makan sehat setiap hari.

Menurut penelitian, orang yang tidak sarapan cenderung untuk makan siang lebih banyak dibandingkan dengan yang sarapan. Jadi, sarapan justru sangat penting untuk menurunkan dan menjaga berat badan. Selain itu, makan berlebihan tidak baik untuk kesehatan.

Ditambah lagi, sarapan bisa memberikan asupan nutrisi yang tubuh kita butuhkan supaya kita bisa memulai aktivitas kita sehari-hari. Nah, jangan sampai lupa sarapan lagi ya!

Makan 6 Kali Sehari

Lho, biasanya kan kita makan 3 kali sehari? Eits, jangan salah. Makan 6 kali sehari yang dimaksud adalah makan dengan porsi lebih kecil, tetapi setiap 3 jam sekali.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan porsi kecil 6 kali sehari mengalami penurunan berat badan dibandingkan dengan yang makan porsi besar 3 kali sehari Kalau kita melewatkan lebih dari 3 jam tanpa makan, tubuh akan memproduksi hormon kortisol. Saat kadar kortisol tinggi, tubuh akan menimbun lemak, bukan membakarnya.

Makan sedikit setiap 3 jam sekali juga dapat menjaga kadar gula dalam darah supaya lebih seimbang. Sering kan mengantuk setelah makan banyak? Dengan makan lebih sedikit, kita bisa lebih bugar sepanjang hari.

Konsumsi Karbohidrat Sehat

Karbohidrat sering dituduh menjadi biang kerok berbagai penyakit, mulai dari obesitas sampai diabetes. Padahal, tubuh sebaiknya mendapatkan 45-65% kalori yang dibutuhkan sehari-hari dari karbohidrat. Yang menjadi masalah adalah kita sering mengalami kelebihan karbohidrat.

Orang Indonesia rentan kelebihan karbohidrat karena terbiasa mengonsumsi nasi putih. Padahal, nasi putih termasuk karbohidrat buruk karena kurang mengandung serat. Solusi untuk pola makan sehat setiap hari adalah mengurangi konsumsi karbohidrat buruk dan perbanyak karbohidrat baik.

Kamu bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah yang lebih berserat. Beberapa jenis biji-bijian lain yang mengandung karbohidrat baik antara lain jagung, ubi, kentang, dan gandum utuh. Selain itu, karbohidrat juga bisa didapatkan dari kacang-kacangan seperti kacang polong dan kacang merah, dan buah-buahan seperti pisang dan apel.

Lemak Tidak Selalu Jahat

Kata siapa lemak selalu jelek? Tubuh membutuhkan lemak baik untuk menjaga kesehatan sel-sel tubuh. Misalnya, lemak Omega-3 bermanfaat untuk kesehatan jantung dan otak.

Ada dua jenis lemak baik. Yang pertama jenis monounsaturated, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan alpukat. Yang kedua adalah polyunsaturated yang mengandung Omega-3 dan Omega-6 yang tinggi. Jenis ini bisa didapatkan dari biji bunga matahari, jagung, kedelai, dan beberapa jenis ikan seperti salmon, teri, dan sarden.

Banyak Minum Air Putih

Terakhir, jangan lupa minum air putih. Minumlah setidaknya 8 gelas sehari. Air memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti menjaga kadar cairan dalam tubuh, melindungi kinerja organ, dan memberikan energi. Air juga lebih sehat dibandingkan soda, kopi, atau boba yang berkadar gula tinggi.Tidak susah kan hidup sehat? Yuk mulai menjaga pola makan sehat setiap hari!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*