5 Cara Hidup Rasululah Sehari-Hari, Yang Perlu Anda Ketahui

5 Cara Hidup Rasululah Sehari-Hari, Yang Perlu Anda Ketahui

 Ada banyak sekali ajaran yang diajarkan oleh Rasululllah kepada umatnya saat ini, salah satunya adalah ajaran tentang pola hidup sehat. Cara hidup Rasulullah sehari-hari ini terbukti sangat menyehatkan, apalagi jika dilakukan secara benar dan berkelanjutan. Pola hidup atau cara hidup beliau ini, tidak terlalu sulit, dan pastinya tetap dapat dijalankan di masa sekarang. 

  1. Makan ketika lapar dan tidak berlebihan 

Cara hidup Rasulullah sehari-hari yang pertama akan dibahas, adalah makan ketika lapar dan pastinya tidak berlebihan. Saat ini banyak sekali orang yang menunda rasa lapar, karena urusan pekerjaan yang belum selesai, atau karena urusan lainnya. Sehingga rasa lapar tersebut diabaikan. Padahal rasa lapar sendiri adalah alarm tubuh, yang memang membutuhkan asupan nutrisi, dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Yang justru diabaikan karena alasan tertentu. Jika hal ini terus dibiarkan, maka beberapa penyakit, seperti maag dan yang lainnya akan mudah masuk ke dalam tubuh. 

Dalam hal ini, Rasullulah mencontohkan dengan tidak menunda rasa lapar. Makan dengan porsi yang tepat, dan tidak berlebihan. Hal ini dilakukan, guna memberikan kesempatan lain pada tubuh, seperti minum. Dengan demikian, ketika makan dan minum selesai, tubuh akan memberikan sinyal ‘cukup’ pada otak, yang membuat reaksi kenyang pada tubuh. 

  • Mengendalikan emosi 

Adapun cara hidup Rasullulah lainnya adalah dengan mengendalikan emosi. Hal ini sendiri terlihat dalam beberapa cerita, dan juga hadist. Cara hidup yang satu ini memang banyak diabaikan, karena menganggap emosi adalah hal yang lumrah. Namun sejatinya rasulullah sendiri sangat mencontohkan dengan tidak mengumbar emosi, dalam hal apapun. Contohnya ketika menyuapi seorang tuna netra, yang menjelek-jelekkan dirinya, dan masih banyak hal lainnya. Emosi yang dimaksud disini cukup beragam, mulai dari marah, menangis, tertawa berlebihan dan yang lainnya. Dalam dunia kedokteran sendiri, emosi yang berlebihan juga membuat sistem metabolisme tubuh jadi tidak seimbang. Jika dibiarkan, tentunya akan menyebabkan kerusakan pada salah satu organ tubuh.    

  • Menjaga kebersihan diri dan lingkungan 

Semua orang juga tahu, bahwa ‘Kebersihan adalah sebagian dari iman’. Tapi yang menjadi masalah adalah, kata-kata tersebut hanyalah slogan saja, bukti nyatanya tidak terlalu dilaksanakan. 

Sedangkan Rasullulah sendiri memberi contoh dengan rajin membersihkan diri, memotong kuku, membersihkan tempat tidur sendiri, termasuk menjaga dan membersihkan lingkungan sekitar. Semua orang tentu tahu, bahwa ketika seseorang mampu menjaga kebersihan diri dan lingkungannya dengan baik, maka tubuh dan lingkungan akan jadi jauh lebih sehat. Pastinya berbagai macam penyakit enggan datang dan singgah di dalam diri dan lingkungan tersebut.  

  • Berpuasa

Berpuasa adalah hal lain yang juga dicontohkan oleh Rasulullah. Tidak hanya sekedar pahala, namun ada banyak manfaat yang akan didapat seseorang ketika melakukan puasa secara rutin. Salah satunya adalah beberapa organ tubuh, mampu melakukan regenerasi secara lebih baik, seperti organ-organ yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Tidak hanya sampai disana, beberapa sampah dan lemak tidak terpakai yang ada di dalam tubuh pun akan ikut terbakar dan terbuang, dalam proses pembuatan energi pembakaran di dalam tubuh. Hasilnya tentu tubuh akan jauh lebih sehat. 

  • Aktif bergerak 

Hal lain yang juga dicontohkan oleh Rasulullah adalah dengan aktif bergerak. Jadi tidak hanya berolahraga secara rutin, namun juga aktif dalam mengerjakan berbagai macam hal atau kegiatan yang membutuhkan tenaga fisik. Hal ini dilakukan untuk membuat seluruh rangkaian tubuh bergerak, mulai dari otot, otak, sistem syaraf dan yang lainya. Ini yang membuat daya tahan dan sistem gerak tubuh jadi reflek dan lebih baik. Bahkan jika  dilakukan secara rutin, bukan tidak mungkin, tubuh akan tetap dalam kondisi baik, walau memasuki usia senja. 

Walaupun cara hidup Rasulullah sehari-hari yang disebutkan di atas terlihat sepele. Namun beberapa diantaranya terlihat sulit dilakukan dengan alasan tidak terbiasa. Tapi disinilah tantangan bagi Anda jika ingin hidup lebih baik, seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*