Bagaimana Cara Mengatur Pola Makan Sehat Secara Mudah dan Praktis

Bagaimana Cara Mengatur Pola Makan Sehat Secara Mudah dan Praktis

Salah satu cara untuk memperoleh tubuh yang ideal dan juga sehat, selain berolahraga secara teratur adalah dengan mengatur pola makan, dan menu makanan yang akan dikonsumsi. Anda tentu tahu, bahwa makanan yang dapat dikonsumsi ini memang sangat banyak, namun ternyata tidak semua makanan baik untuk dikonsumsi secara rutin. 

Cara mengatur pola makan sehat dan praktis, sebenarnya tidak terlalu sulit, jika Anda mengetahui bagaimana caranya. Terutama bagi Anda yang ingin hidup sehat, dan memperoleh berat badan ideal, ada baiknya membaca ulasan berikut ini. 

  1. Memilih sumber karbohidrat tepat

Sampai saat ini banyak sekali orang menganggap bahwa karbohidrat adalah sosok ‘setan pengganggu’, ketika seseorang melakukan program diet. Tentu saja anggapan seperti ini salah. Karena pada dasarnya tubuh memang sangat memerlukan karbohidrat, sebagai sumber tenaga. Sumber karbohidrat di alam raya ini sangat beragam, bukan hanya beras / nasi saja. Anda dapat mengkonsumsi gandum, jagung, umbi-umbian, dan yang lainnya, dengan kadar glukosa rendah. Selain menyehatkan, juga aman dikonsumsi secara rutin. Terutama bagi Anda yang sedang menjalani program diet. 

  • Memilih protein 

Jika mendengar kata protein, maka ingatan semua orang akan tertuju pada aneka daging atau ikan. Hal seperti ini memang tidak sepenuhnya salah. Karena memang pada daging dan ikan, terdapat sumber protein yang baik untuk dikonsumsi. Namun ternyata sumber protein juga dapat Anda peroleh dari jenis makanan lainnya, seperti dari kacang kedelai, dan aneka olahan dari kacang kedelai, seperti tempe dan tahu, selain dari aneka sayuran, dan yang lainnya. 

Protein ini baik untuk massa otot, dan juga membantu proses pembakaran menjadi energi dalam tubuh. Dalam hal ini Anda dapat memilih sumber protein yang tepat, dan ideal untuk tubuh Anda. 

  • Menambah porsi sayuran dan buah-buahan 

Selain memperhatikan jenis dan jumlah karbohidrat yang akan dikonsumsi serta protein, Anda juga perlu memperhatikan asupan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam hal ini tidak ada salahnya jika Anda menambah jumlah porsi sayuran dan buah-buahan. Buah dan sayuran ini selain kaya akan aneka serat, juga kaya akan kandungan lainnya, seperti vitamin, mineral, dan aneka nutrisi lainnya. Buah dan sayur tersebut dapat dikonsumsi dalam berbagai macam bentuk, yang pastinya dapat menggugah selera makan, walau dimasak dengan cara yang sangat praktis. Buah-buahan misalnya dapat dibuat dalam bentuk smoothies jus atau juga salad, menu makanan seperti ini dapat Anda konsumsi kapan saja, termasuk untuk camilan penunda lapar. Aneka jenis sayuran juga dapat Anda masak dalam berbagai macam bentuk, seperti salad, dan yang lainnya. Salad seperti ini, dapat dikonsumsi pada siang atau malam hari. 

  • Kurangi MSG

Salah satu cara mengatur pola makan sehat adalah dengan mengurangi MSG dalam makanan itu sendiri. Sebagai gantinya Anda dapat menggunakan aneka bumbu alami secara lebih lengkap. Penggunaan penyedap rasa alami seperti ini, baik untuk tubuh Anda, terutama ketika dikonsumsi dalam jangka waktu panjang. Pastinya tidak akan mengakibatkan efek negatif terhadap tubuh. 

  • Pelajari sinyal lapar

Tahukah Anda bahwa tubuh akan mengeluarkan sinyal, ketika dirinya membutuhkan asupan nutrisi, dalam bentuk munculnya rasa lapar. Ini yang banyak disalah artikan orang dengan asal mengkonsumsi makanan, agar perut merasa kenyang. Tapi jika Anda peka, maka Anda akan mengisinya dengan berbagai macam makanan yang padat atau sarat akan nutrisi, yang dibutuhkan tubuh. Jika diperhatikan, tubuh akan mengeluarkan pola atau sinyal laparnya sendiri.  

Salah satu cara mengatur pola makan sehat yang sebaiknya tidak Anda lupakan adalah dengan mengkonsumsi air putih secara rutin, setidaknya 8 gelas setiap hari. Dengan cukup menjaga kadar air dalam tubuh, membuat sistem kinerja tubuh jadi terjaga. Artinya beberapa penyakit seperti panas dalam, dehidrasi dan yang lainnya dapat dicegah sejak awal. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*