Tips Makanan Sehat Sehari-Hari Yang Praktis Untuk Anda yang Aktif

Tips Makanan Sehat Sehari-Hari Yang Praktis Untuk Anda yang Aktif !

Dahulu, orang mengenal istilah 4 sehat 5 sempurna. Dengan mengkonsumsi menu makanan tersebut, dipercaya tubuh akan selalu sehat. Namun ternyata, hal tersebut tidak terlalu berlaku, belakangan ini. Terutama untuk Anda yang aktif dan mempunyai aktifitas padat. Mengkonsumsi makanan padat atau kaya akan gizi, adalah tips makanan sehat sehari-hari yang perlu Anda lakukan. Mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, dinilai terlalu ribet, dan cukup menghabiskan banyak waktu dan budget. Sedangkan untuk memperoleh dan mengkonsumsi makanan yang padat gizi ternyata tidak sulit, dan mudah dalam proses membuat serta mengkonsumsinya. Yang perlu Anda lakukan hanyalah kreatifitas dalam menyuguhkan menu makanan tersebut. 

Aneka sayuran 

Semua orang tahu bahwa sayuran adalah salah satu makanan yang sehat. Karena di dalamnya ada cukup banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Contohnya adalah adanya vitamin, mineral, serat dan aneka kandungan lainnya. Adapun sayuran yang dapat dikonsumsi cukup banyak. Namun sedikit catatan untuk Anda, sebaiknya perhatikan kondisi kesehatan Anda, dan pilih hanya sayuran yang aman untuk dikonsumsi. Mengingat ada beberapa jenis sayuran yang sebaiknya tidak dikonsumsi, ketika seseorang mempunyai penyakit tertentu, misalnya aneka sayuran berwarna hijau, sebaiknya tidak dikonsumsi oleh Anda yang mempunyai penyakit asam urat, dll. 

Ada cukup banyak cara yang dapat Anda lakukan dalam mengkonsumsi aneka jenis sayuran tersebut. Mengingat Anda adalah orang yang aktif, sebaiknya buat menu makanan yang tidak terlalu ribet cara memasaknya. Kali ini Anda dapat membuatnya menjadi olahan cap cay, sayur sop, sayur asam, atau bahkan membuatnya dalam bentuk salad. Sayuran seperti ini, umumnya dikonsumsi bersama dengan nasi, walaupun pada dasarnya mengkonsumsi hanya sayuran saja tidak masalah. Sedangkan untuk kebutuhan karbohidrat harian, dapat Anda peroleh dari menu makanan lainnya, seperti roti, oatmeal, ubi, jagung kentang atau yang lainnya. Menu sayuran seperti ini memang paling pas jika dikonsumsi pada siang atau pada malam hari.    

Buah-buahan

Tidak jauh berbeda dengan sayuran, aneka buah-buahan juga mengandung banyak nutrisi, mulai dari aneka vitamin, mineral, dan yang lainnya. Buah-buahan yang dapat dikonsumsi cukup banyak dan rata-rata semua buah-buahan aman jika dikonsumsi dalam batas wajar. 

Menu buah-buahan ini dapat Anda konsumsi kapan saja, baik, di pagi hari ketika sarapan, makan siang, hingga makan malam. Atau bahkan sebagai camilan, ketika sedang lapar di sore hari. Anda dapat mengolahnya ke dalam berbagai macam variasi menu, seperti jus, smoothies, salad, dan yang lainnya. 

Ikan-ikanan dan sea food

Aneka jenis ikan, juga kaya akan berbagai macam nutrisi seperti omega 3, dan yang lainnya. Anda dapat mengkonsumsi makanan ini dalam bentuk dibakar, atau juga digoreng, tergantung jenis ikan, dan jenis seafood yang hendak dikonsumsi. Makanan jenis ini, pas jika dikonsumsi pada siang hingga malam hari. 

Sereal 

Jika Anda berpikir bahwa sereal hanya dapat dikonsumsi pada pagi hari saja, maka Anda salah, ternyata sereal ini dapat dikonsumsi kapan saja, ketika Anda sedang lapar. Anda dapat mengkombinasikan  makanan tersebut dengan aneka buah-buahan segar, seperti pisang, strawberry, atau buah-buahan lainnya.  

Telur dan daging 

Sama seperti ikan, daging juga dapat Anda konsumsi secara rutin, mengingat jumlah protein yang ada pada bahan makanan yang satu ini, memang baik untuk tubuh. Tapi pastikan, daging yang dikonsumsi tanpa lemak, dan sebaiknya dimasak dengan cara dibakar. Menu makanan seperti ini dapat dikonsumsi kapan saja, baik pagi, siang atau malam hari. 

Kacang-kacangan 

Untuk kacang-kacangan sendiri, dapat Anda peroleh dari aneka macam camilan, yang mengandung bahan kacang dan bahan lainnya. Selain mampu mengenyangkan tubuh, juga sarat akan nutrisi, yang membuat tubuh jadi sehat. 

Cara mengkonsumsi aneka makanan yang ada dalam tips makanan sehat sehari-hari tersebut di atas, dapat Anda sesuaikan dengan jadwal makan, sedangkan desain makanan atau tata cara penyajiannya sendiri, dapat disesuaikan dengan kebutuhan. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*