Yuk! Cari Tahu Langkah Mudah Menerapkan Bagaimana Pola Makan yang Sehat

Yuk! Cari Tahu Langkah Mudah Menerapkan Bagaimana Pola Makan yang Sehat 

Bagaimana pola makan yang sehat – Coba renungi sejenak, apakah Anda sudah menerapkan pola makan yang sehat? Ingat segala sesuatu yang Anda konsumsi akan mempengaruhi kesehatan tubuh. Jika Anda terbiasa dengan pola makan yang buruk, maka risiko terkena penyakit kronis yang harus Anda tanggung. Sebaliknya, jika Anda selalu menjaga gizi dan nutrisi seimbang sebagai asupan harian, maka sehat fisik maupun mental yang nantinya Anda nikmati. Lalu, bagaimana sih cara menerapkan pola makan yang sehat? Coba simak detailnya berikut ini!

Makan Seimbang

Banyak ahli gizi yang menyarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung 30 persen protein, 45 persen karbohidrat dan 35 persen lemak baik untuk tubuh. Naasnya, sebagian besar manusia malah menghindari konsumsi lemak baik karena alasan takut gemuk maupun lainnya. Padahal kekurangan asupan lemak akan membuat tubuh semakin mudah lapar lho. Lemak termasuk kandungan pembawa rasa yang akan membuat makanan lainya terasa lebih kuat. Untuk itu, Anda tidak seharusnya menghindari semua makanan yang mengandung lemak baik.

Hindari Makanan Olahan

Dalam menjaga pola makan sehat, Anda juga wajib menghindari makanan olahan. Mengkonsumsi makanan utuh seperti buah-buahan, sayuran, daging tanpa lemak, susu rendah lemak, kacang-kacangan, nasi, roti dan pasta gandum jauh lebih baik untuk kesehatan. Perlu Anda ketahui dan mungkin hal ini sudah sering kali ditekankan ahli gizi, makanan olahan mengandung racun yang tinggi dan sangat berbahaya untuk tubuh. Dan sebaliknya, makanan utuh justru jauh lebih kaya serat dan kandungan antioksidan yang diperlukan tubuh.

Konsumsi Sayuran Hijau

Sayuran merupakan salah satu makanan yang kaya serat dan air. Kandungan ini tentunya akan membuat perut lebih mudah kenyang sehingga Anda harus mengkonsumsinya lebih banyak sebagai makanan harian. Beberapa sayuran segar yang sangat disarankan untuk dikonsumsi ialah seperti bayam, tomat dan ragam sayuran hijau lainnya. Seorang ahli kesehatan mengatakan jika manusia akan benar-benar terkejut dengan seberapa banyak yang dimakannya setiap hari ketika mulai mengikuti bagaimana pola makan yang sehat.

Coba Buat Jurnal Makanan

Mungkin cukup sederhana, namun pernahkah Anda menuliskan catatan apa saja makanan yang telah dikonsumsi hari ini? Menuliskan jurnal makanan akan memperbesar peluang menurunkan berat badan dua kali lebih cepat dibandingkan program diet lho. Dalam sebuah riset yang dipublish dalam jurnal obesity membuktikan jika menyisihkan waktu membuat jurnal setiap hari akan meningkatkan peluang menurunkan berat badan. Anda bisa memulainya dengan menuliskan jenis makanan dan minuman apa saja yang telah Anda konsumsi untuk menjaga pola makan.

Menetapkan Batas Sehat

Banyak para ahli yang merekomendasikan jika sebaiknya wanita mengkonsumsi sekitar 1.200 hingga 1.500 kalori setiap hari dan pria mengkonsumsi sekitar 1.600 hingga 2.400 kalori setiap hari. Akan tetapi, jika Anda merasa cukup lelah dari biasanya maka tidak ada salahnya mengkonsumsi makanan sedikit lagi. Inilah cara yang bisa dilakukan untuk membuat perubahan gaya hidup yang memberikan dampak baik secara berkelanjutan. Selain menetapkan batas sehat, Anda juga tidak bisa membiarkan perut terlalu lapar atau terlalu kenyang. 

Terlalu lapar akan membuat Anda cenderung memilih dan mengkonsumsi makanan yang salah dan bahkan mengkonsumsinya dalam porsi besar. Untuk itu, ahli gizi cenderung memberikan himbauan agar kita tidak mengkonsumsi makanan secara berlebihan atau tidak terlalu kenyang. Bagaimana? Sangat mudah bukan menerapkan bagaimana pola makan yang sehat?

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*